You are here Vol 2 No 1 Pebruari 2007 Rahmah

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol 2 No 1 Pebruari 2007/Rahmah

E-mail Print PDF

PERAN KETERLIBATAN KONSUMEN, CITRA MEREK, DAN KEPUASAN KONSUMEN

TERHADAP LOYALITAS MEREK

 

Laily Rahmah

Fakultas Psikologi

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran keterlibatan konsumen, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek. Subjek penelitian terdiri dari 212 responden pengguna ponsel Nokia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari skala keterlibatan konsumen, skala citra merek, kepuasan konsumen, dan loyalitas merek Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik analisis regresi.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa:(1) keterlibatan konsumen, citra merek, dan kepuasan konsumen secara signifikan berkorelasi dengan loyalitas merek, ditunjukkan Ry=0,662 dan p=0,000;(2) terdapat korelasi positif antara keterlibatan konsumen dan loyalitas merek, ditunjukkan dengan r-parsial=0,628 danp=0,000;(3)terdapat korelasi positif antara citra merek dengan loyalitas merek, ditunjukkan dengan r-parsial=0,173 dan p=0,006;(4)terdapat korelasi positif antara kepuasan konsumen dan loyalitas merek, ditunjukkan dengan r-parsial=0,203 dan p= 0,002.

Sumbangan efektif variabel keterlibatan konsumen, citra merek, dan kepuasan  konsumen adalah 43,869% dengan demikian kontribusi keterlibatan konsumen, citra merek, dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek sebesar 43,869%.

 

Kata Kunci: Keterlibatan Konsumen, Citra Merek, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Merek

 

Full text : Pdf