You are here Vol 1 No 1 Oktober 2006 Ashriati, Alsa dan Suprihatin

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol 1 No 1 Oktober 2006/Ashriati, Alsa dan Suprihatin

E-mail Print PDF

Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik Pada SLB-D YPAC Semarang


Oleh:

Nur Ashriati

Asmadi Alsa

Titin Suprihatin

Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti secara empiris hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kepercayaan diri remaja penyandang cacat fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja penyandang cacat fisik yang berusia antara 12 sampai 21 tahun yang berdomisili di SLB-D YPAC Semarang, dengan jumlah populasi 40 siswa dan sampel penelitian 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Random Sampling, yaitu teknik sampling yang memperhatikan stratum-stratum dalam populasi yang menggunakan randomisasi.

Berdasarkan hasil uji analisis pada hipotesis mayor menunjukkan Ry1.2 sebesar 0,727 dengan Fhitung sebesar 17,966 dan p<0,01, berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial ayah dan dukungan sosial ibu terhadap kepercayaan diri remaja penyandang cacat fisik. Berdasarkan hasil uji analisis pada hipotesis minor menunjukkan r1y-2 sebesar 0,450 dengan r>r1%, berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial ayah dengan kepercayaan diri remaja penyandang cacat fisik dan r2y-1 sebesar 0,166 dengan r < r5%, berarti tidak ada hubungan antara dukungan sosial ibu dengan kepercayaan diri remaja penyandang cacat fisik.

 

Kata Kunci  : Kepercayaan Diri, Dukungan Sosial Ayah dan Dukungan Sosial Ibu

 

 

Full text : Pdf