You are here Vol 6 No 2 Oktober 2011 Pribadi, Pratiwi dan Brotowidagdo

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol 6 No 2 Oktober 2011/Pribadi, Pratiwi dan Brotowidagdo

E-mail Print PDF

MOTIF AFILIASI PENGGUNA AKTIF FACEBOOK

Agung Santoso Pribadi1)*), Margaretha Maria Shinta Pratiwi2) dan Roestamadji Brotowidagdo3)

 

1)2)3) Fakultas Psikologi Universitas Semarang

*) E-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif afiliasi yang membuat  remaja aktif membuka akun facebook. Subjek penelitian ini berjumlah 181 remaja. Data  penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket motif afiliasi pengguna facebook. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja memiliki dan menggunakan akun facebook dengan motif afiliasi terbesar adalah untuk berteman dan mencari informasi yang digunakan untuk semakin memperluas jaringan pertemanannya, sedangkan motif afiliasi terkecil adalah untuk medapatkan perhatian orang lain. Selain itu ada motif-motif afiliasi lainnya yang muncul berkaitan dengan intensitas hubungan yang lebih kuat seperti motif mempertahankan hubungan antar individu, empati yang simpatik diwujudkan dalam sikap bersahabat, memiliki keinginan baik, dan membina hubungan yang penuh kepercayaan.

Kata kunci : motif afiliasi, pengguna facebook


AFFILIATION MOTIVE OF THE ACTIVE FACEBOOK USER

 

Abstract

The purpose of this study was to know the affiliation motive that makes adolescent using his facebook account intensively. Research subjects were 181 adolescents. Data were collected using facebook user’s affiliation motive questionnaire and analysed by descriptive analysis. Result of study showed that the biggest affiliation motive of facebook users is to make friend and searching for information to expand his friendship network; while the least affiliation motive is to get other people’s attention.  Moreover, there are other affiliation motives related to stronger relationship intensity, such as motive of retaining interpersonal relationships, kindly empathy shown in friendly attitude, having good will, and maintaining trustfully relationship.

Keywords: affiliation motive, facebook user

 

Full text : Pdf