You are here Vol 5 No 2 Oktober 2010

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 5 No. 2 Oktober 2010/Rois

E-mail Print PDF

MAKNA PERAN INTERAKSIONAL

PASIEN, DOKTER DAN PERAWAT

Achmad Mutho M Rois

Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

 

Abstrak

Sehat itu mahal, demikian ungkapan orang yang memiliki banyak aktifitas, jika sakit aktifitas itu terhenti, jika kondisi sakit menimpa sesorang maka akan banyak kerugian maupun kegagalan yang berarti berdampak keberagai pihak paling tidak keluarga, tempat dia bekerja dsb.

Orang sakit atau pasien akan  merusaha memperoleh kesembhan dan akan mempercayakan sakitnya kepada ahli kesehatan bisa kedokter, perawat, mantri, bidan atau tenaga kesehatan alternatif dukun, kyai, dll. Namun kepercayaan terhadap dokter, perawat relatif masih tinggi, sebab disamping memiliki pendidikan kesehatan formal, mereka juga memiliki kewenangan merekomendasi keahli kesehatan spesialis untuk mendapat perhatian yang lebih khusus maupun untuk memperoleh asurasi kesehatan masyarakat (jika ada) dari pemerintah.

Kualitas penanganan pasien akan berpengaruh pada percepatan kesembuhan pasien. Jika pasien ditangan tim kesehatan yang solit tentu akan memuaskan pihak-pihak  yang berkepentingan (keluarga, saudara dan relasi dll). Sebaliknya pasien akan semakin akut dan parah jika ditangan tenaga medis yang sedang bermasalah ?. Bukan kesembuhan diperoleh malah dapat menimbulkan masalah sosial dan hukum karena malpraktek.

 

Kata Kunci : Pasien, Dokter, Perawat dan Interaksi

 

Full Text : Pdf