You are here Vol 5 No 2 Oktober 2010

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 5 No. 2 Oktober 2010/Salwa, Kuncoro & Setyaningsih

E-mail Print PDF

DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN PERSEPSI TERHADAP VONIS

DENGAN PENERIMAAN DIRI NARAPIDANA LEMBAGA PEMASYARAKATAN

KLAS II.A WANITA SEMARANG

Umi Salwa, Joko Kuncoro, Retno Setyaningsih

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Abstrak

Berdasarkan hasil penelitian Ka Lapas Sragen H. Ma’mun bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret, menunjukkan semua penghuni Lapas mengalami depresi, dan yang paling tinggi tingkat depresinya adalah narapidana. Keadaan tersebut diduga berkaitan dengan penerimaan diri narapidana dan kehadiran orang lain serta pemahaman diri berdasarkan persepsi terhadap vonis salah satunya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dan persepsi terhadap vonis dengan penerimaan diri pada narapidana wanita. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Sampel penelitian ini adalah narapidana diLapas Klas II.A wanita Semarang yang telah mengikuti lama masa hukuman dibawah tiga bulan. Jumlah sampel sebanyak 93 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara dukungan sosial keluarga dan persepsi terhadap vonis dengan penerimaan diri pada narapidana di Lapas Klas II.A Wanita Semarang.

Data penelitian yang dikumpulkan ini menggunakan skala penerimaan diri, skala dukungan sosial keluarga, dan skala persepsi terhadap vonis. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial keluarga dan persepsi terhadap vonis dengan penerimaan diri dengan nilai R=0,561, Fhitung=20,628 dengan p=0,000 (p0,05). Terdapat hubungan positif signifikan antara penerimaan diri dengan dukungan sosial keluarga dengan nilai ry1-2=0,553 dengan p=0,000 (p<0,01) kontribusi sebesar 30,8 % terhadap Penerimaan diri.

 

Kata kunci: Penerimaan Diri, Dukungan Sosial Keluarga, dan Persepsi terhadap Vonis

 

Full text : Pdf