You are here Vol 7 No. 1 April 2012

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 7 No. 1 April 2012/Wahyu Widhiarso

E-mail Print PDF

APLIKASI TEORI RESPONS BUTIR UNTUK MENGIDENTIFIKASI KECENDERUNGAN RESPONDEN MEMILIH OPSI TENGAH PADA SKALA PSIKOLOGI

Wahyu Widhiarso1)*)
1) Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

*)E-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


Abstrak

Pertanyaan mengenai berapa besar proporsi responden yang memilih opsi tengah sulit dijawab karena terkait dua faktor yaitu dari faktor responden dan butir. Dengan adanya perkembangan mutakhir teori psikometri pertanyaan ini dapat dijawab dengan memadukan kedua faktor tersebut dalam satu model analisis. Salah satu model yang memfasilitasi perpaduan ini adalah Pemodelan Rasch Campuran (MRM). Penelitian ini mengaplikasikan model tersebut untuk mengidentifikasi kecenderungan responden untuk memilih opsi tengah pada skala psikologi. Data penelitian didapatkan dari pengukuran kepribadian lima faktor pada 200 orang mahasiswa. Hasil analisis yang dilakukan secara terpisah pada tiap faktor kepribadian menunjukkan bahwa proporsi responden yang memilih opsi tengah cukup kecil dan hanya terjadi pada dua faktor kepribadian (27 persen pada faktor ekstraversi dan 11 persen pada faktor keterbukaan). Temuan lainnya adalah responden yang memiliki kecenderungan memilih opsi tengah hanya mengaktualisasikan kecenderungan tersebut hanya pada butir tertentu saja daripada semua butir.

Kata Kunci : Kecenderungan Memilih Opsi Tengah, Parameter Butir, Kepribadian Lima Faktor


APPLYING ITEM RESPONSE THEORY TO IDENTIFY RESPONDENTS’ TENDENCY TO CHOOSE MIDDLE OPTION ON PSYCHOLOGY SCALE


Abstract

The question of how large the proportion of respondents who tend to choose the middle option on personality scale was difficult to answer since it depends on two factors: respondents themselves and items. Due to recent development of psychometric theory, this question can be answered by combining such factors into one model. One of the representative models which can facilitate this combination is Mixed Rasch Modeling (MRM). This study applied this model to identify respondents’ tendency to choose the middle option on the psychological scale. The research data obtained from measurements of the five personality factors in 200 students. Analysis result which was performed separately on each personality factors suggest that proportion of respondents who chose the middle option is quite small and only occurs on two personality factors (27 percent in extroversion and 11 percent on openness factor). Additional finding showed that respondents who have a tendency to choose the middle option only perform in certain items than all items.

Keywords : Tendency to Choose Middle Option, Item Parameters, Five Factor Personality

 

Full text : Pdf