You are here Vol 7 No. 1 April 2012

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 7 No. 1 April 2012/Farida Coralia, Umar Yusuf dan Milda Yanuvianti

E-mail Print PDF

PROFIL PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK
BERBASIS COGNITIVE-BEHAVIORAL THERAPY (CBT) PADA MAHASISWA


Farida Coralia1), Umar Yusuf2) dan Milda Yanuvianti3)

1)2)3)Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung

E-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


Abstrak

Prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku menunda yang tidak diperlukan yang dilakukan pada jenis-jenis tugas akademik, seperti misalnya tugas akhir atau skripsi. Terapi Kognitif Behavioral (CBT) adalah bentuk psikoterapi yang bertujuan membantu individu mengatasi masalahnya melalui pengenalan, identifikasi dan modifikasi isi kognisi individu yang tidak berfungsi (dysfunctional) yang dapat berupa asumsi, sikap, dan aturan yang irasional dan pikiran otomatis yang negatif. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang prokrastinasi akademik yang terjadi pada mahasiswa fakultas psikologi Unisba yang sedang skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif namun untuk mendapatkan gambaran mengenai core belief masing-masing subjek peneliti menggunakan teknik wawancara. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Subyek penelitian ini terdiri dari 32 orang mahasiswa fakultas psikologi Unisba yang sedang mengerjakan skripsi. Berdasarkan Tuckman Procrastination Scale diperoleh gambaran bahwa prokrastinasi yang dialami oleh subyek berada pada kategori ringan, sedang hingga berat, dengan hasil terbanyak pada kategori sedang. Dari hasil wawancara secara mendalam, mengungkapkan bahwa seluruh subyek menampilkan karakteristik prokrastinasi secara umum, yaitu : menunda untuk mengerjakan tugas yang tidak seharusnya dilakukan, dan adanya perasaan tidak nyaman selama penundaan dilakukan. Ke-14 subyek juga dapat diklasifikasikan ke dalam prokrastinator tipe Avoidant, Self-Doubting, Disorganized, Interpersonal, dan Pleasure-seeking.  Data wawancara juga mengungkapkan dua bentuk core belief yaitu tidak mampu pada 10 orang, dan tidak disayang pada 4 orang.

Kata kunci: pokrastinasi akademik, cognitve-behavioral therapy


COGNITIVE-BEHAVIORAL THERAPY (CBT) BASED ON STUDENTS’ ACADEMIC PROCRASTINATION BEHAVIOR PROFILE


Abstract

Academic procrastination is an unnecessary delay behavior conducted in the kinds of academic tasks, such as the final project or thesis. Cognitive Behavioral Therapy (CBT) is a form of psychotherapy aimed at helping individuals cope with the problem through the introduction, identification and modification of the contents of individual cognition that does not work (dysfunctional) which may include assumptions, attitudes, and rules are irrational and automatic negative thoughts. The purpose of this study are to get an overview of academic procrastination that occurs at students from faculty of X, in doing their thesis, based on CBT approaches to overcome academic procrastination, especially to overcome the delays completion of thesis. This study uses quantitative and qualitative approaches, with purposive sampling technique. The study subjects consisted of 32 students from   faculty of X whom are working their thesis. Based on Tuckman Procrastination Scale indicated that procrastination experienced by subjects in the categories of mild, moderate to severe, with most results in the category of being mild and moderate. From the results of in-depth interviews of 14 individuals from 32 subjects, revealed that the whole subject of procrastination in general display characteristics, namely: delay for a task that should not be done, and the uncomfortable feeling during the deferment done.

Key words: academic procrastination, cognitve-behavioral therapy

 

Full text :Pdf