You are here Vol 5 No 2 Oktober 2010

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 7 No. 2 Oktober 2012 / Widihastuti & Santoso

E-mail Print PDF

MODEL PENGEMBANGAN KINERJA UKM BERBASIS INDUSTRI KREATIF

(Development Model of UKM Performance Based of Creatif Industry)

Hardani Widihastuti & Aprih Santoso 1)*)

1) Fakultas Psikologi & Fakultas Ekonomi Universitas Semarang

*)E-mail : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Abstrak

Psikologi Industri dan Organisasi memberikan tuntunan bagi mereka yang mengembangkan usaha dengan harapan usaha yang dikembangkan tidak monoton, akan tetapi lebih berkreasi, sehingga perencanaan organisasi dapat berkolaborasi dengan Psikologi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Psikologi Pemasaran fokus pada faktor-faktor psikologis konsumen untuk tertarik kepada produk tertentu yang dipengaruhi oleh kekuatan lingkungan. Sehingga pihak produsen  memegang peranan penting untuk mengambil celah, agar konsumen mau dan tertarik atas suatu produk tertentu yang ditawarkan. Tenaga penjualan juga memegang peranan penting dalam penjualan suatu produk.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk merumuskan model pengembangan kinerja UKM berbasis Industri Kreatif (pemasaran) di Semarang sesuai dengan kondisi ideal; (2) untuk mengetahui  kondisi  orientasi pasar (market oriented),  sistem kontrol (control system) dan  inovasi produk (product inovation) UKM berbasis industri kreatif di Semarang; (3) untuk mengetahui tingkat  keterlibatan  tenaga penjualan dalam  proses  meningkatkan kinerja UKM berbasis Industri Kreatif (pemasaran) di Semarang   dan  faktor-faktor  apa  saja  yang  mempengaruhinya; dan (4) untuk mengetahui tingkat  kinerja UKM berbasis Industri Kreatif (pemasaran) di Semarang dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya baik pengaruh secara langsung, pengaruh tidak langsung maupun pengaruh total keduanya . Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SEM dengan program AMOS. Penelitian ini dilakukan dengan subyek 127 UKM di Semarang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara orientasi pasar terhadap inovasi produk, CR sebesar 2,809 dengan nilai p < 0,005, ini menunjukkan hasil yang memenuhi syarat. Maka hipotesis 1 dalam penelitian ini dapat diterima.; (2) diperoleh CR sebesar 2,335 dan nilai p < 0,020. Kedua nilai ini menunjukkan hasil yang memenuhi syarat, yaitu di atas 2,0 untuk CR dan di bawah 0,05 untuk P, maka hipotesis 2 diterima; (3) diperoleh CR sebesar 3,073 dengan nilai p sebesar 0,002. Kedua nilai ini menunjukkan hasil yang tidak memenuhi syarat, yaitu di bawah 2,0 untuk CR dan di atas 0,05 untuk ; (4)diperoleh CR sebesar 6,022 dengan nilai P < 0,001. Kedua nilai ini menunjukkan hasil yang memenuhi syarat, yaitu di atas 2,0 untuk CR dan di bawah 0,05 untuk P. Hal ini menunjukkan bahwa upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja UKM tergantung dari kemampuannya untuk meningkatkan kinerja tenaga penjualnnya; dan (5) Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada dua faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kinerja UKM yaitu inovasi produk dan kinerja tenaga penjualan. Kinerja tenaga penjualan memiliki pengaruh paling besar terhadap kinerja penjualan dibandingkan inovasi produk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja penjualannya perlu membangun atau menciptakan tenaga penjualan yang efektif dan memiliki kinerja baik sehingga dapat diandalkan.

Kata Kunci : Industri Kreatif,  kinerja UKM, tenaga penjual, inovasi produk


DEVELOPMENTAL MODEL OF UKM PERFORMANCE BASED ON CREATIF INDUSTRY

Abstract

Industrial and Organizational Psychology provides guidance for those who develop creative and dynamic business which enables collaboration between Marketing Psychology and Marketing Management. Marketing psychology focuses more on customer’s psychology for being interested in a certain product influenced by the power of neighborhood. Therefore, producer holds important role to get interest of customers in certain product offered. The sale has also an important role in the selling of a product.

Aim of this  study was: (1) to formulate development model of UKM performance based on creative industry (marketing) in Semarang adjusted with ideal condition; (2) to know the market oriented condition (market oriented), control system and UKM product innovation based on creative industry in Semarang; (3) to know the involvement of the salespeople in the process of enhancing UKM performance based on creative industry (marketing) in Semarang and factors that might affect; and (4) to know level of UKM performance based on creative industry (marketing) in Semarang and factors that might affect either direct or indirect factors or probably both. This study was analyzed by using SEM having AMOS program. Subject of this research was 127 UKM in Semarang.

This study showed that: (1) there were significant positive impact between market orientation toward product innovation, CR as big as 2.809 with the p value < 0.005, this showed meeting result. Therefore, hypothesis 1 in this study was acceptable; (2) it was found that CR as big as 2.335 and p value <0.020. Both of these values showed the eligibility, that was above 2.0 for CR and under 0.05 for P, so hypothesis 2 was accepted; (3) it was found that CR as big as 3.073 with p value as big as 0.002. Both of this values showed ineligible result, that was fewer than 2.0 for CR and above 0.05 for p; (4) The results of the data processing was known that the fourth hypothesis proposed in this study was equal to 6.022 with a P value of <0.001 . Both of these values ​​indicated the results of eligibility, i.e. above 2.0 for CR and below 0.05 for P. This showed that the company's efforts to improve its performance depended on the ability of UKM to improve energy performance of the salespeople, and (5) The results of this study found that there were two factors that could affect the performance of UKM, namely product innovation and sales performance. The performance of salespeople had the most impact on sales performance than product innovation. It can be concluded that companies want to increase sales performance, need to build or create an effective sales force and to have a reliable good performance for the benefit of the company.

Keywords: Creative Industries, the performance of UKM, salespeople, product innovation

 

Full Text : Pdf