You are here Vol 5 No 2 Oktober 2010

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 7 No. 2 Oktober 2012 / Arjanggi & Suprihatin

E-mail Print PDF

PROFIL BELAJAR BERDASAR REGULASI-DIRI PADA SISWA KELAS BILINGUAL DAN MONOLINGUAL

Ruseno Arjanggi 1) *) & Titin Suprihatin 2) **)

1)2)Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

E-mail : *) This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

**) This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perbedaan profil belajar berdasar regulasi diri antar siswa yang belajar pada kelas bilingual dengan monolingual. Melalui cluster random sampling ada 182 siswa yang terlibat dalam penelitian ini dari kelas X dan kelas XI.  Berdasarkan hasil analisis data dengan anava satu jalur diketahui bahwa tidak ada perbedaan strategi motivasi  dan strategi manajemen sumberdaya antara kelas imersi dan regular, sehingga tidak ada perbedaan dalam strategi belajar berdasar regulasi diri pada siswa kelas imersi dan reguler. Hasil penelitian ini memiliki implikasi bahwa pemberian perlakuan kelas bilingual dan monolingual tidak otomatis akan membuat siswa memiliki regulasi diri dalam belajar.

Kata kunci : Belajar berdasar regulasi diri, bilingual, monolingual

 

SELF REGULATED LEARNING PROFILE OF THE BILINGUAL AND MONOLINGUAL STUDENTS

Abstract

This study was an attempt to explore the learning profile difference based on self regulation between learners at bilingual and monolingual class. This study used cluster random sampling involved 182 students from class X and XI taken randomly and served as a sample. Based on the analysis result from the one way ANOVA, it was found that there was no difference in motivation and human resources management strategy between immersion and regular class. This study implied that giving treatment to bilingual and monolingual would not automatically make student have self regulated learning.

Keywords: self regulated learning, bilingual, monolingual

 

Full text : Pdf