You are here Vol 5 No 2 Oktober 2010

Jurnal Psikologi Proyeksi Vol. 7 No. 2 Oktober 2012 / Setiowati & Sugiasih

E-mail Print PDF

STUDI DESKRIPTIF MENGENAI KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR

BERDASARKAN HASIL TES NST (NIJMEEGSE SCHOOLBEKWAAMHEIDS TEST)

Erni Agustina Setiowati 1)*) &  Inhastuti Sugiasih 2)**)

1)2) Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

E-mail : *) This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

**) This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Abstrak

Capaian prestasi yang optimal di Sekolah Dasar dapat diraih ketika seorang anak sudah memiliki kesiapan dalam belajar. Hal ini disebabkan anak tersebut sudah memiliki kesiapan dalam belajar sehingga tidak akan mengalami kesulitan yang berarti dalam menerima pelajaran di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara deskriptif pada anak yang akan memasuki Sekolah Dasar berdasarkan hasil tes NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-Kanak yang akan memasuki Sekolah Dasar di sebuah sekolah di Kabupaten Demak. Jumlah subyek dalam penelitian ini 84 siswa. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (N.S.T.) yang disusun oleh Prof. F.J. Mönks, Drs.H. Rost dan Drs. N.H. Coffie. NST  berisikan aspek-aspek yang menunjang kesiapan anak masuk Sekolah Dasar. Kategori yang digunakan dari hasil NST ini adalah siap atau matang, ragu-ragu atau belum sepenuhnya siap dan belum siap atau belum matang.

Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 84 subyek 74% dinyatakan memiliki kesiapan, 10% belum sepenuhnya siap, sedangkan yang belum siap ada 16 %. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar subyek sudah memiliki kesiapan dalam mengikuti pelajaran di tingkat Sekolah Dasar. Aspek yang paling menonjol tingkat kematangannya adalah aspek motorik halus yaitu sebanyak 96% siswa.  Aspek yang paling kurang adalah aspek daya ingat yaitu  60% siswa.

Kata kunci : kesiapan masuk sekolah dasar, NST

DESCRIPTIVE STUDY ABOUT CHILDREN’S SCHOOL READINESS BASED ON NST (NIJMEEGSE SCHOOLBEKWAAMHEIDS TEST) RESULTS

Abstract

Satisfactory learning achievement at elementary level is possible when learners have learning readiness. Learners ready to learn will probably not encounter significant problems during learning process.

This study was aimed at giving description about condition of learners going to enter elementary school, which was based on NST test (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Subjects of this study were learners from kindergarten who were going to enter elementary school located at Demak Regency. This study included 84 students served as sample. Instrument used in this study was Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test (N.S.T) arranged by Prof. F.J. Mönks, Drs.H. Rost dan Drs. N.H. Coffie about aspects might support the readiness of learners prior to school. Categories used from this N.S.T were ready, doubt, not completely ready and not yet ready.

Data analysis used for this study was descriptive statistic.  Result of this study showed that from the 84 subjects, 74% of whon were ready, 10% were not completely ready, while the rest of 16% were not ready. This showed that most of the subjects were ready for joining class in the level of elementary. The most notable aspect was the maturity level of the fine motor aspect as much as 96% of students. The most lacking aspect was the aspect of memory that 60% of students.

Keywords: elementary school readiness, NST