You are here Staf Pendidik

Prosiding SemNas Psikologi 2011/Luh Putu

E-mail Print PDF

PERAN ORANG TUA DAN PENDIDIK DALAM MENCEGAH PERILAKU AGRESIF PADA ANAK

Luh Putu Shanti K

Fakultas Psikologi Unissula Semarang

ABSTRAK


Makalah ini membahas tentang peran orangtua dan pendidik dalam mencegah perilaku agresif pada anak. Pada bab pendahuluan diuraikan tentang adanya fenomena anak agresif yang sebagian kecil mungkin dialami oleh orangtua melalui hasil penelitian dan artikel-artikel yang dikemukakan oleh orangtua tentang contoh perilaku agresif pada anaknya. Selanjutnya diuraikan juga tentang bagaimana peluang peran pendidik dalam rangka membantu orangtua mengatasi perilaku agresif pada anaknya. Permasalahan dalam makalah ini adalah bagaimanakah peran orangtua dan pendidik dalam mencegah perilaku agresif pada anak.

Pada bab pembahasan, penulis menguraikan tentang apa itu agresi secara umum, faktor apa saja yang berpengaruh terhadap agresi, dan tingkatan perilaku agresif pada anak. Secara umum, agresfi pada anak masih dikategorikan wajar untuk batas usia tertentu yaitu 2-3 tahun. Mengingat pada usia tersebut anak masih belum dapat mengendalikan emosi dan belum mencapai tahap perkembangan bahasa yang baik sehingga belum dapat berkomunikasi dengan sempurna. Disinilah faktor keluarga berperan dalam menentukan berkembang atau tidaknya perilaku agresif pada anak dengan cara mengendalikan emosi ketika menghadapi perilaku agresif anak.

Perilaku agresif juga dapat dialami pada anak usia sekolah yang disebabkan oleh teman sebaya, guru, dan disiplin sekolah. Peran pendidik dibutuhkan untuk dapat menjadi social model bagi anak di sekolah ketika tidak berada dalam pengawasan orangtua dengan cara memberikan pendidikan kesusilaan dan pendidikan sosial.

Kesimpulan dalam penulisan makalah ini adalah orangtua dan pendidik merupakan komponen penting yang tidak dapat dipisahkan dalam mencegah perilaku agresif pada anak, karena orangtua dan pendidik turut mewarnai keberhasilan anak baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Memahami tahap perkembangan anak menjadi salah satu poin penting yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi orangtua dan pendidik dalam mengetahui kadar agresifitas pada anak dan anak didiknya, agar orangtua dan pendidik dapat melakukan tindakan yang tepat dalam mencegah dan mengatasi perilaku agresi.

Kata Kunci : Agresifitas, Orang tua, pendidik

Sertifikat

Fulltext:

Daftar Isi

Isi