You are here Staf Pendidik

MANAJEMEN SYUKUR, SABAR DAN IKHLAS SEBAGAI PEDOMAN DALAM MENGATASI PERMASALAHAN KEHIDUPAN-Luh Putu

E-mail Print PDF

ABSTRAK

Makalah ini membahas tentang bagaimana manajemen syukur, sabar dan ikhlas dalam mengatasi permasalahan kehidupan. Pada bab pendahuluan, penulis menguraikan tentang hakikat keberadaan manusia di dunia yang diwajibkan untuk beribadah dan menjalani kehidupan dengan segala permasalahannya. Tuhan menganugerahkan dua sisi yang berbeda dalam kehidupan manusia yaitu keadaan bahagia dan kesusahan. Namun, manusia terkadang melupakan rasa syukur ketika merasa permasalahan yang dialaminya terlalu berat dan merasa bahwa Tuhan hanya memberinya kesusahan. Manusia tidak menyadari bahwa pada saat itu kesabarannya sedang diuji. Kesabaran dalam menghadapi permasalahan hidup tanpa mengeluh merupakan indikator munculnya rasa ikhlas. Permasalahan dalam makalah ini adalah bagaimana memanajemen syukur, sabar dan ikhlas dalam mengatasi permasalahan kehidupan.

Pada bab pembahasan penulis membahas tentang gambaran umum tentang stress, penyebab danĀ  berbagai macam cara untuk mengurangi stress. Salah satu cara yang dapat dilakukan ketika individu tidak dapat menyelesaikan kondisi stress yang dialami adalah berusaha untuk beradaptasi dengan penyebab stress. Menurut penulis, hal ini terkait dengan bagaimana individu bersyukur, bersabar dan keikhlasan dalam menjalani hidup. Individu yang mensyukuri apapun yang diperolehnya dalam hidup disertai kesabaran dalam menerima cobaan akan meminimalisir kondisi stress yang dialaminya. Ikhlas merupakan tingkatan akhir antara syukur dan sabar yang menyempurnakan individu dalam memposisikan dirinya agar tetap sama antara celaan dan pujian dari orang lain sehingga membuat hati lebih tenang.

Sejalan dengan pendahuluan dan pembahasan yang telah penulis uraikan sebelumnya, maka kesimpulan yang dapat disampaikan dalam makalah ini adalah bahwa kemampuan individu dalam memanajemen rasa syukur, kesabaran dan keikhlasan sangat bermanfaat dalam meminimalisir kondisi stress ketika menghadapi permasalahan hidup. Rasa syukur, sabar dan ikhlas terletak dalam hati seseorang dan apabila dijalankan dengan kesungguhan maka akan dapat tercipta kehidupan yang seimbang dan menyenangkan, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga orang lain.

Kata Kunci : Stress, Syukur, Sabar, Ikhlas

Sertifikat

FullText