You are here Staf Pendidik

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN BENDA-BENDA KESEHATAN SEBAGAI BENTUK USAHA PERILAKU YANG DIANGGAP SEHAT-Luh Putu

E-mail Print PDF

SIKAP MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN BENDA-BENDA KESEHATAN SEBAGAI BENTUK USAHA PERILAKU YANG DIANGGAP SEHAT

(Luh Putu Shanti Kusumaningsih, S.Psi, M.Psi)

ABSTRAK

Makalah ini membahas tentang sikap masyarakat terhadap penggunaan benda-benda kesehatan sebagai bentuk usaha perilaku yang dianggap sehat. Permasalahan dalam makalah ini adalah mengapa masyarakat memiliki sikap bahwa penggunaan benda kesehatan dapat dianggap sebagai salah satu bentuk perilaku sehat daripada melakukan perilaku hidup sehat yang seharusnya seperti berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan penyebab dari sikap masyarakat terhadap penggunaan benda-benda kesehatan sebagai bentuk perilaku yang dianggap sehat.

Penulisan makalah ini didasarkan pada fenomena maraknya penggunaan benda-benda kesehatan seperti kalung atau gelang kesehatan yang dipercaya mampu membantu tubuh untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit di kalangan masayarakat. Maraknya tokoh-tokoh masyarakat yang dimunculkan sebagai ikon dari suatu produk kesehatan akan menarik minat dari orang-orang untuk mencobanya karena seseorang yang dikagumi juga menggunakan benda tersebut. Disinilah terjadi proses adopsi perilaku dari masyarakat pada umumnya kepada perilaku tokoh masyarakat yang dikaguminya dan sudah lebih dulu menggunakan produk tersebut. penulisan artikel ini tidak ditujukan untuk menolak atau memberikan penilaian buruk terhadap benda-benda kesehatan yang akhir-akhir ini marak di pasaran. Keberadaan benda-benda kesehatan tersebut dapat digunakan sebagai penunjang untuk menjaga kesehatan disamping anjuran-anjuran yang telah banyak dikemukakan oleh para ahli.

Kesimpulan dalam makalah ini adalah bahwa sikap masyarakat yang lebih mempercayakan benda kesehatan untuk menjaga kesehatannya harus diubah dengan memberikan pengertian dan informasi yang benar mengenai kelemahan dari penggunaan benda kesehatan yang hanya bersifat sementara atau tidak bersifat selamanya dalam menjaga kesehatan tubuh dan manfaat menjalankan perilaku hidup sehat. Agar masyarakat memiliki perubahan sikap bahwa melakukan olahraga teratur disertai dengan pola hidup yang teratur baik dalam pola makan, istirahat dan gaya hidup harus lebih diutamakan daripada sekedar menggunakan gelang atau kalung kesehatan.

 

 

Keywords : Sikap ; Perilaku ; Perubahan Perilaku

Sertifikat

FullText