You are here Prosiding 2013 Siti Urbayatun,dkk

Prosiding 2013/Siti Urbayatun,dkk

E-mail Print PDF

INTERVENSI PADA MASYARAKAT YANG MENGHADAPI BENCANA

Siti Urbayatun, Erlina Listyanti Widuri, Ani Muttaqiyatun

Abstrak

Indonesia merupakan wilayah yang rentan bencana, khususnya gempa karena faktor geologis. Bencana gempa bumi pada  tahun 2006 di Wilayah DIY & Jawa Tengah masih menyisakan permasalahan hingga saat ini, sendi- sendi ekonomi belum seluruhnya pulih, sebagian masyarakat yang terkena kecacatan masih terputus dari pekerjaannya semula, sehingga masyarakat mengalami berbagai stresor seperti stress dalam penghasilan, keterbatasan modal usaha maupun stres emosional. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah untuk mengetahui bagaimana model kebangkitan masyarakat (posttraumatic growth) pasca terkena bencana sehingga dapat dirancang intervensi yang sesuai.

Subyek penelitian ini adalah masyarakat di Kabupaten Bantul yang terkena stres  akibat bencana berupa kecacatan fisik yang mempunyai kepercayaan diri rendah. Penelitian ini menggunakan metode pre test-post test control group design dengan follow-up.

Hasil penelitian dengan teknik terapi kognitif  ABCDE terjadi kenaikan kepercayaan diri . Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi pada penentu kebijakan serta penyusunan modul intervensi padapenyandang cacat maupun masyarakat yang terpapar bencana.

Kata kunci :  intervensi, pelatihan kognitif,  kepercayaan diri

Fulltext Pdf