You are here Prosiding 2013 Agustin Handayani,dkk

Prosiding 2013/Agustin Handayani,dkk

E-mail Print PDF

PROFIL KEPRIBADIAN MAHASISWA UNISSULA SEMARANG

MENURUT TIPOLOGI KEPRIBADIAN SPRANGER

Agustin Handayani & Joko Kuncoro

Fakultas Psikologi Unissula Semarang

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian komparasi dan sekaligus deskripsi tentang profil kepribadian mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) dan Fakultas Psikologi (F Psi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profile kepribadian berdasarkan tipologi Spranger.

Spranger menyatakan bahwa kebudayaan (culture) merupakan sistem nilai karena kebudayaan itu tidak lain adalah kumpulan nilai-nilai budaya yang tersusun dan diatur menurut struktur tertentu. Kebudayaan sebagai sistem nilai oleh Spranger di golongkan menjadi enam bidang yaitu Pengetahuan, Ekonomi, Kesenian, Keagamaan, Kemasyarakatan dan Politik.

Berdasarkan pendapat bahwa ada enam nilai kebudayaan yang mempengaruhi hidup setiap individu di mana hanya ada satu nilai kebudayaan yang pengaruhnya bersifat dominan. Menurut Spranger terdapat enam tipe manusia dengan ciri tingkah laku yang menonjol jika dilihat dari sistem nilai kebudayaan (Kuntjojo, 2009) yaitu manusia teori (berpikir), ekonomi (bekerja), estetis (menikmati keindahan), religius (memuja), sosial (berkorban) dan manusia kuasa (memerintah).

Hasil penelitian ini adalah bahwa tidak ada perbedaan tipologi kepribadian pada lima tipe kepribadian yaitu tipe teori, ekonomi, estetis, religius, dan manusia kuasa. Perbedaan hanya terjadi pada tipologi sosial antara mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Psikologi.  Penelitian ini juga menemukan kesamaan (tidak ada perbedaan) kepribadian antara mahasiswa pria dan wanita.

Kata Kunci :  Profil Kepribadian, kebudayaan dan Spranger

Fulltext Pdf