You are here Prosiding 2013 Dhini Rama Dhania,

Prosiding 2013/Dhini Rama Dhania,dkk

E-mail Print PDF

KOMITMEN ORGANISASI KARYAWAN OUTSOURCING KAB. KUDUS DITINJAU DARI JOB INSECURITY

Dhini Rama Dhania, M.Si dan Iranita Hervi Mahardayani, M.Psi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah ada hubungan antara job insecurity dengan komitmen organisasi pada karyawan outsourcing di kabupaten Kudus dan seberapa besarkah sumbangan efektifnya.

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan outsourcing di Kabupaten Kudus. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 karyawan outsourcing. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan teknik accidental quota sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala job insecurity dan skala komitmen organisasi.

Hasil analisis data dengan menggunakan product moment di mana perhitungan menggunakan program SPSS 15,0 for windows. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari keduanya rxy sebesar -0,585 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) ini berarti ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara job insecurity dengan komitmen organisasi. Semakin tinggi job insecurity maka semakin rendah komitmen organisasi karyawan outsourcing dan sebaliknya semakin rendah job insecurity maka semakin tinggi komitmen organisasi karyawan outsourcing. Jadi hipotesis yang diajukan diterima. Sumbangan efektif variabel job insecurity terhadap komitmen organisasi sebesar 34,2%.

Kata Kunci : Job insecurity, outsourcing, komitmen organisasi

Fulltext Pdf