You are here Prosiding 2013 Laila Listiana Ulya

Prosiding 2013/Laila Listiana Ulya,dkk

E-mail Print PDF

KELUARGA: SUMBER KEBAHAGIAAN PADA MASYARAKAT JAWA

Laila Listiana Ulya dan Moordiningsih

Center for Islamic and Indigenous Psychology (CIIP)

Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Abstrak

Kebahagiaan merupakan hal yang penting bagi manusia. Masyarakat Jawa yang kental dengan adat budaya bermasyarakat, kebahagiaan lebih menekankan pada sisi psikologis daripada kekayaan secara materi. Dalam setiap aspek kehidupan, keluarga ditempatkan pada posisi sentral. Contohnya fenomena mangan ra mangan awaton kumpul, masih dipertahankan oleh masyarakat jawa karena rasa kebersamaan dan kekeluargaan dipandang dapat menciptakan harmoni kehidupan yang bahagia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami sumber kebahagiaan pada masyarakat jawa.

Metode pendekatan menggunakan metode kualitatif dan pengambilan data  menggunakan kuesioner terbuka kepada 274 staf edukatif dan administratif yang berusia dewasa pada Perguruan Tinggi swasta di Surakarta. Analisis data dilakukan dengan membuat kategorisasi dan frekuensi dengan tema-tema yang ditemukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber kebahagiaan paling dominan pada masyarakat jawa adalah keluarga dan orangtua. Bentuk dukungan yang diberikan dalam mencapai kebahagiaan adalah berupa sharing atau pemberian motivasi.

Keyword: kebahagiaan, keluarga, masyarakat Jawa.

Fulltext Pdf