You are here Prosiding 2013 Indra Fajarwati Ibnu,dkk

Prosiding 2013/Indra Fajarwati Ibnu,dkk

E-mail Print PDF

PERANAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP TINGKAT STRES SISWA KELAS UNGGULAN

Indra Fajarwati Ibnu1 dan Wisjnu Martani2

Abstrak

 

Program kelas unggulan adalah program khusus untuk mengelompokkan siswa berdasar prestasi yang tinggi. Persaingan yang ketat di program ini membuat siswa sering mengalami tekanan yang cenderung menyebabkan siswa mengalami stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap stres siswa kelas unggulan. Subyek penelitian ini adalah 60 siswa kelas unggulan SMAN 1 Bulukumba. Skala stres, skala dukungan orangtua, skala dukungan guru dan dukungan teman sebaya merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Tehnik analisis data adalah analisis regresi ganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dengan stres siswa kelas unggulan dengan nilai R=0.376; R Square=0.141, F=3.074 dan p=0.035. Secara bersama-sama dukungan sosial memberikan sumbangan efektif terhadap stres siswa kelas unggulan sebesar 14,1 %. Dukungan orangtua memiliki hubungan negetif dan signifikan dengan stres siswa kelas unggulan dengan nilai r = - .256 dan  p= 0.041. Dukungan guru memiliki hubungan yang negatif dan signifikan dengan stres siswa kelas unggulan dengan nilai r = - .100 dan p=0.050, lebih lanjut terdapat hubungan negatif dan signifikan antara dukungan teman sebaya memiliki dengan stres siswa kelas unggulan dengan nilai r =-  .106 dan p=0.051.

Kata kunci: stres siswa kelas unggulan, dukungan orangtua, dukungan guru dan dukungan teman sebaya.

Fulltext Pdf