You are here Profil

Visi Misi Psikologi Unissula

A. Visi Program Studi

Fakultas Psikologi terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan iptek bidang psikologi atas dasar nilai-nilai Islam dan membangun peradaban islam menuju masyarakat sehat sejahtera yang dirahmati Allah AWT dalam kerangka rahmatan lil ‘alamin.

B. Misi Program Studi

  • Menyelenggarakan pendidikan psikologi dalam rangka dakwah islamiyah yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal, dengan :Merekonstruksi dan mengembangkan iptek bidang psikologi atas`dasar nilai-nilai Islam untuk memajukan pendidikan psikologi dan kesejahteraan masyarakat.
  • Mendidik dan mengembangkan sumber daya insani yang islami pada semua program pendidikan tinggi bidang psikologi dalam rangka membangun generasi khaira ummah tafaqquh fiddin yang selamat menyelamatkan dan menjunjung tinggi etika profesi dengan kualitas kecendikiawanan dan kepakaran standar tertinggi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.
  • Mengembangkan pengabdian pada masyarakat agar secara dinamik senantiasa siap melaksanakan perbaikan kelembagaan sesuai dengan hasil rekonstruksi dan pengembangan iptek bidang psikologi atas dasar nilai-nilai islam dan perkembangan masyarakat.

C. Tujuan Program Studi

1. Terselenggaranya proses rekonstruksi dan pengembangan iptek bidang psikologi atas dasar nilai-nilai Islam secara konsisten dan berkelanjutan untuk kemajuan pendidikan sejalan dengan perkembangan kebutuhan menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah SWT.

2. Terbentuknya jama`ah pendidik yang bertaqwa tafaquh fiddin dengan dengan kualitas kecendikiawanan dan kepakaran di bidang psikologi kualitas tertinggi dan kesetaraan universal yang selamat menyelamatkan dan menjunjung tinggi etika profesi, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu, teknologi informasi dan bahasa inggris, istiqamah dalam melaksanakan tugas kependidikan pengembangan iptek kepemimpinan dan dakwah.

3. Terselenggaranya pendidikan psikologi pada program sarjana, profesi, magister dan doktor dan kegiatan pendidikan lainnya yang sejalan dengan kebutuhan menuju masyarakat sehat sejahtera yang dirahmati Allah SWT

4. Menghasilkan generasi khairah ummah tafaquh fiddin dengan penguasan psikologi standar kesetaraan universal, yang selamat menyelamatkan dan menjunjung tinggi etika profesi, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu, teknologi informasi dan bahasa inggris, istiqamah dalam melaksanakan tugas kependidikan pengembangan iptek kepemimpinan dan dakwah.

5. Terwujudnya partisipasi aktif dalam upaya membangun masyarakat dan peradaban Islam melalui studi dan penelitian intensif, bermutu dan relevan menuju masyarakat yang dirahmati Allah SWT

6. Terselenggaranya silaturrahim yang intensif dengan pusat-pusat islam untuk pengembangan psikologi Islam diseluruh dunia.

7. Menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan masyarakat di bidang psikologi dalam rangka membangun peradaban islam.

8. Terwujudnya pusat pelayanan bagi masyarakat dibidang psikologi

9. Terselenggaranya proses evaluasi diri dan penjaminan mutu secara teratur dan berkelanjutan

10. Terselenggaranya proses yang konsisten dalam penyempurnaan kelembagaan, administrasi dan sistem informasi manajemen untuk menunjang kualitas pembinaan dan pengembangan fakultas di bidang pendidikan, penelitian dan pengadian masyarakat.

D. Sarana dan Prasarana

Fakultas Psikologi menempati bangunan kampus di Jl. Raya Kaligawe Km.4 Semarang. Gedung Fakultas Psikologi secara keseluruhan mempunyai 3 lantai yang representatif dengan fasilitas hot spot area dimana di dalamnya terdapat 31 ruang dengan luas keseluruhan 1.574,37 meter persegi. Bagunan tersebut memiliki fasilitas yang terdiri dari ruang kuliah ayng dilengkapi dengan AC dan fasilitas audio visual, ruang dosen , ruang dekanant, ruang administrasi , perpustakaan yang dilengkapi dengan buku-buku terbitan dalam maupun luar negeri serta sejumlah penelitian dari berbagai perguruan tinggi dengan fasilitas komputer on line, laboratorium psikodiagnostik dan eksperimen yang lengkap dan terpadu serta laboratorium klinis yang dilengkapi dengan one way vision screen, ruang observasi , ruang tes individu dan klasikal , runag pertemuan/rapat, ruang kegiatan mahasiswa, ruang perbekalan dan ruang audio visual bagi pengembangan kemampuan pengetahuan dan penelitian.