You are here Catatan Editor

Petunjuk Penulisan Jurnal Psikologi Proyeksi

E-mail Print PDF

PETUNJUK UNTUK PENULIS


JUDUL ARTIKEL

(all caps, 12 pt, bold, centered)

(kosong satu spasi tunggal,12 pt)

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2 dan Penulis Ketiga3 (11 pt)

(kosong satu spasi tunggal, 11 pt)

1. Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat (10 pt)

(kosong satu spasi tunggal,10 pt)

E-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it (10 pt, italic)

(kosong dua spasi tunggal, 10 pt)

 

Abstrak (10 pt, bold)

(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

Abstrak harus dibuat dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris. Abstrak bahasa Indonesia ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti abstrak dalam bahasa Inggris. Jenis huruf yang digunakan Calibri, ukuran 10 pt, spasi tunggal. Abstrak sebaiknya meringkas isi yang mencakup tujuan penelitian, metode penelitian, serta hasil analisis. Panjang abstrak tidak lebih dari 250 kata.

(kosong satu spasi tunggal,10 pt)

Kata kunci: maksimum 5 kata kunci (10 p)

(kosong dua spasi tunggal,10 pt)

 

TITLE IN ENGLISH

(all caps, 12 pt, bold, centered)

(kosong satu spasi tunggal, 12 pt)

Abstract (10 pt, bold)

(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

Abstract should be written in Indonesian and English. An English abstract comes after an Indonesia abstract. The abstract is written with calibri font, size 10 pt, and single spacing. Please translate the abstract of manuscript written in English into Indonesian. The abstract should summarize the content including the aim of the research, research method, and the results in no more than 250 words.

(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

Keywords: maksimum 5 kata kunci dalam bahasa Inggris (10 pt, italic)

(kosong tiga spasi tunggal,10 pt)

Pendahuluan (11 pt, bold)

Naskah ditulis dengan calibri ukuran 11 pt, spasi multiple 1,15, justified dan tidak ditulis bolak-balik pada satu halaman. Naskah ditulis pada kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 3,5 cm, bawah 2,5 cm, kiri dan kanan masing-masing 2,5 cm. Panjang naskah minimal 11 halaman, termasuk gambar dan tabel. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jika ditulis dalam bahasa Inggris, sebaiknya telah memenuhi standar tata bahasa Inggris baku. Judul naskah hendaknya singkat dan informatif serta tidak melebihi 20 kata. Katakunci dalam bahasa Indonesia dan keywords dalam bahasa inggris diletakkan di akhir abstrak.

Penulisan heading dan subheading diawali huruf besar dan diberi nomor dengan angka Arab. Sistematika penulisan sekurang-kurangnya mencakup Pendahuluan, Metode Penelitian, Analisis dan Interpretasi Data, Kesimpulan dan/atau Diskusi, serta   Daftar   Pustaka.   Ucapan   Terima Kasih/Penghargaan (jika ada) diletakkan setelah Kesimpulan dan sebelum Daftar Pustaka. Headings dalam  bahasa  Inggris  disusun  sebagai  berikut: Introduction, Method, Results and/or Discussion, Conclusion. Acknowledgement (jika ada) diletakkan setelah Conclusion dan sebelum Reference. Sebaiknya, penggunaan subsubheadings dihindari. Jika diperlukan, gunakan numbered outline yang terdiri dari angka Arab. Antara paragraf tidak ada spasi dengan jarak pada setiap awal paragraf 0,5 cm.

Sistematik Penulisan dapat juga lebih terperinci seperti contoh berikut.

1.      Pendahuluan

1.1   Latar Belakang

1.2   Tinjauan Literatur dan Studi Sebelumnya

1.3   Masalah/Hipotesis

1.4   Tujuan Penelitian

1.5   Manfaat Penelitian

2.      Metode Penelitian

2.1   Partisipan Penelitian

2.2   Peralatan/Metode Pengumpulan Data

2.3   Proses Pengumpulan Data

Singkatan harus dituliskan secara lengkap saat pertama kali disebutkan, lalu dibubuhkan singkatannya dalam tanda kurung. Istilah/kata asing atau daerah ditulis dengan huruf italic. Notasi, sebaiknya, ringkas dan jelas serta konsisten dengan cara penulisan yang baku. Simbol/lambang ditulis dengan jelas dan dapat dibedakan, seperti penggunaan angka 1 dan huruf l (juga angka 0 dan huruf O).

Tabel ditulis dengan Calibri berukuran 10 pt. Judul tabel ditulis dengan huruf berukuran 10 pt (bold) dan ditempatkan di atas tabel dengan format seperti terlihat pada contoh. Penomoran tabel menggunakan angka Arab. Jarak tabel dengan paragraph sebelum dan sesudahnya adalah satu spasi tunggal 11 pt. Tabel diletakkan segera setelah perujukannya dalam teks. Kerangka tabel menggunakan garis setebal 1 pt. Jika judul pada setiap kolom tabel cukup panjang dan rumit, kolom diberi nomor dan keterangannya diberikan di bagian bawah tabel.

Tabel 1. Deskripsi Keadaan Demografis Informan Penelitian

Nama

Informan

Informan 2

Informan 3

Jenis kelamin

Perempuan

Perempuan

Perempuan

Umur

36 tahun

32 tahun

31 tahun

Pekerjaan

Kary.Swasta

Penjaga warnet

Perawat (swasta)

Pendidikan

S1

S1

D3

Usia perkawinan

9 tahun

8 tahun

7 tahun

Jumlah anak

2

-

-

Usia anak I

6 tahun

-

-

Pekerjaan suami

Peg.Swasta

Wiraswasta

PNS

(kosong satu spasi t spasi multiple 1,15, 11 pt)

Gambar diletakkan simetris dalam kolom halaman, berjarak satu spasi tunggal dari paragraf. Gambar diletakkan segera setelah perujukkannya dalam teks. Gambar diberi nomor urut dengan angka Arab. Keterangan gambar diletakkan di bawah gambar dan berjarak satu spasi tunggal dari gambar. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf berukuran 10 pt, bold, dan diletakkan seperti pada contoh. Jarak keterangan gambar dengan paragraf adalah dua spasi tunggal. Gambar yang telah dipublikasikan oleh penulis lain harus mendapat izin tertulis penulis dan penerbitnya. Sertakan satu gambar yang dicetak dengan kualitas baik berukuran satu halaman penuh atau hasil scan dengan resolusi baik dalam format {nama file}.eps, {nama file}.jpeg, atau {nama file}.tiff. Jika gambar dalam format foto, sertakan satu foto asli. Gambar akan dicetak hitam-putih, kecuali jika memang perlu ditampilkan berwarna. Penulis akan dikenakan biaya tambahan untuk cetak warna lebih dari satu halaman. Font yang digunakan dalam pembuatan gambar atau grafik, sebaiknya, yang umum dimiliki setiap pengolah kata dan sistem operasi seperti Symbol, Times New Romans dan Arial dengan ukuran tidak kurang dari 9 pt. File gambar dari aplikasi seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan Aldus Freehand dapat memberikan hasil yang lebih baik dan dapat diperkecil tanpa mengubah resolusinya.

 

Sangat Negatif                Negatif                            Sedang                       Positif                     Sangat Positif

 

 

 

 

 

45                           72                              99                            126                            153                        180

Gambar 2. Rentang Skor Skala Sikap Terhadap Pasien Penyakit Jiwa (Berdasarkan Skor Empirik)

 

Kutipan dalam naskah menggunakan sistem kutipan langsung. Penggunaan catatan kaki (footnote) sedapat mungkin dihindari. Kutipan yang tidak lebih dari 4 (empat) baris diintegrasikan dalam teks, diapit tanda kutip, sedangkan kutipan yang lebih dari 4 (empat) baris diletakkan terpisah dari teks dengan jarak 1,15 spasi tunggal, berukuran 10 pt, serta diapit oleh tanda kutip. Setiap kutipan harus disertai dengan nama keluarga/nama belakang penulis. Jika penulis lebih dari satu orang, yang dicantumkan hanya nama keluarga penulis pertama diikuti dengan dkk. Nama keluarga atau nama belakang penulis dapat ditulis sebelum atau setelah kutipan. Ada beberapa cara penulisan kutipan. Kutipan langsung dari halaman tertentu ditulis sebagai berikut (Grimes, 2001:157). Jika yang diacu adalah pokok pikiran dari beberapa halaman, cara penulisannya adalah sebagai berikut (Grimes, 2001:98-157), atau jika yang diacu adalah pokok pikiran dari keseluruhan naskah, cara penulisannya sebagai berikut (Grimes,2001).

Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka mengikuti format APA (American Psychological Association). Daftar pustaka harus menggunakan sumber primer (jurnal atau buku). Sebaiknya, daftar pustaka juga menggunakan artikel yang diterbitkan dalam jurnal psikologi Proyeksi edisi sebelumnya. Daftar pustaka diurutkan secara alfabetis berdasarkan nama keluarga/nama belakang penulis. Secara umum, urutan penulisan daftar pustaka adalah nama penulis, tanda titik, tahun terbit yang ditulis dalam dalam kurung, tanda titik, judul acuan, tempat terbit, tanda titik dua, nama penerbit. Nama penulis yang dicantumkan paling banyak tiga orang. Jika lebih dari empat orang, tuliskan nama penulis utama dilanjutkan dengan kata dkk. Nama keluarga Tionghoa dan Korea tidak perlu dibalik karena nama keluarga telah terletak di awal. Tahun terbit langsung diterakan setelah nama penulis agar memudahkan penelusuran kemutakhiran bahan acuan.

Judul buku ditulis dengan huruf italic. Judul artikel jurnal atau majalah ditulis dengan huruf regular, diikuti dengan nama jurnal atau majalah dengan huruf italic. Jika penulis yang diacu menulis dua atau lebih karya dalam setahun, penulisan tahun terbit dibubuhi huruf a, b, dan seterusnya agar tidak membingungkan pembaca tentang karya yang diacu, misalnya: Miner, J.B. (2004a), Miner, J.B. (2004b). Daftar pustaka ditulis dengan spasi tunggal dan Jarak antara daftar pustaka satu dengan yang lain satu spasi tunggal 11 pt.

Contoh penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut.

Acuan dari buku:

Creswell, J.W. (2008). Educational research: Planning, conductiong, and evaluating quantitative and qualitative research (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Acuan bab dalam buku:

Markus, H.R., Kitayama, S., & Heiman, R.J. (1996). Culture and basic psychological principles. Dalam E.T. Higgins & A.W. Kruglanski (Eds.), Social psychology: Handbook of basic principles. New York: The Guilford Press.

 

Acuan dari dokumen online:

Van Wagner, K. (2006). Guide to APA format. About Psychology. Diunduh 16 November 2006 dari http://psychology.about.com/od/apastyle/guide

Acuan artikel dalam jurnal:

Wassman, J., & Dasen, P.R. (1998). Balinese spatial orientation. Journal of Royal Anthropological Institute, 4, 689-731.

 

Acuan dari jurnal online:

Jenet, B.L. (2006). A meta-analysis on online social behavior. Journal of Internet Psychology, 4. Diunduh 16 November 2006 dari http://www. Journalofinternet psychology.com/archives/volume4/ 3924.html

 

Artikel dari Database:

Henriques, J.B., & Davidson, R.J. (1991) Left frontal hypoactivation in depression. Journal of Abnormal Psychology, 100, 535-545. Diambil 16 November 2006 dari PsychINFO database Online Forums, Discussion Lists, or Newsgroups: Leptkin, J.L. (2006, November 16). Study tips for psychology students [Msg. 11]. Pesan disampaikan dalam http://groups.psychelp.com/forums/messages/ 48382.html.

 

Acuan dari makalah:

Santamaria, J.O. (September 1991). How the 21st century will impact on human resource development (HRD) professionals and practitioners in organizations. Makalah dipresentasikan pada International Conference on Education, Bandung, Indonesia.

Acuan dari tugas akhir, skripsi, tesis dan disertasi:

Santoso, G.A. (1993). Faktor-faktor sosial-psikologis yang berpengaruh terhadap tindakan orang-tua untuk melanjutkan pendidikan anak ke sekolah lanjutan tingkat pertama (Studi lapangan di pedesaan Jawa Barat dengan analisis model persamaan struktural). Disertasi doktoral, Program Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

Acuan dari laporan penelitian:

Villegas, M., & Tinsley, J. (2003). Does education play a role in body image dissatisfaction? Laporan Penelitian, Buena Vista University. Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia. (2006). Survei nasional penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba pada kelompok rumah tangga di Indonesia, 2005. Depok: Pusat Penelitian UI dan Badan Narkotika Nasional

Acuan dari ensiklopedia atau kamus:

Sadie, S. (Ed.). (1980). The new Grove dictionary of music and musicians (6th ed., Vols. 1-20). London: Macmillan.

Lampiran

Lampiran/Appendices hanya digunakan jika benar-benar sangat diperlukan untuk mendukung naskah, misalnya kuesioner, kutipan undang-undang, transliterasi naskah, transkripsi rekaman yang dianalisis, peta, gambar, tabel/bagian hasil perhitungan analisis, atau rumus-rumus perhitungan. Lampiran diletakkan setelah Daftar Acuan/Reference. Apabila memerlukan lebih dari satu lampiran, hendaknya diberi nomor urut dengan angka Arab.

 

PENGAJUAN NASKAH

Naskah yang diajukan oleh penulis merupakan karya tulis yang bersifat ilmiah, berupa kajian atas masalah-masalah yang berkembang dalam masyarakat, gagasan-gasagsan orisinal, hasil penelitian atau survei. Naskah yang ditulis belum pernah diterbitkan, dan tidak sedang diajukan untuk diterbitkan di media lain. Pengajuan naskah disertai dengan alamat surat menyurat dan e-mail, nomor telepon dan fax yang dapat dihubungi. Penulis mengirimkan naskah melalui surat elektronik kepada This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Naskah diketik dengan Microsoft Word versi 2003 atau 2007. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan Petunjuk Penulisan Jurnal Psikologi Proyeksi. Naskah sebanyak minimal 11 (sebelas) halaman kertas A4. Dewan Editor berhak mengadakan penyesuaian format untuk keseragaman. Semua naskah yang diajukan ke Jurnal Psikologi Proyeksi akan melalui penilaian oleh mitra bestari dan/atau Editor. Sistem penilaian bersifat anonim dan independen. Editor menetapkan keputusan akhir naskah yang diterima untuk diterbitkan. Penulis akan menerima pemberitahuan dari Editor jika (1) naskahnya diterima untuk diterbitkan, (2) diminta melakukan perbaikan (jika ada) dan segera mengembalikan revisi naskah., atau (3) naskahnya ditolak.

Perubahan yang dilakukan pada revisi naskah dituliskan dalam daftar. Hanya perubahan kecil yang dapat dilakukan, tidak diperkenankan melakukan perubahan besar pada revisi naskah. Penulis diminta memeriksa dengan saksama susunan kata dan penyuntingan serta kelengkapan dan kebenaran teks, tabel, dan gambar dari naskah yang telah direvisi. Naskah dengan kesalahan pengetikan yang cukup banyak akan dikembalikan kepada penulis untuk diketik ulang. Naskah yang sudah dinyatakan diterima akan diminta untuk diperbaiki formatnya jika penulisan tidak sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan. Penulis yang naskahnya ditolak berhak meminta kepada editor untuk mencari satu penilai lain, jika penulis dapat berargumentasi bahwa penilai tidak objektif dalam menilai naskahnya. Reprint sebanyak 3 eksemplar akan diberikan secara cuma-cuma kepada penulis. Pemesanan tambahan reprint akan dikenai tambahan biaya kepada penulis. Formulir pemesanan reprint yang berisi penawaran harga akan dikirimkan pada penulis bersamaan dengan pemberitahuan penerimaan revisi naskah. Penulis akan diminta mengirimkan formulir asli copyright yang telah ditandatangani kepada Editor setelah naskahnya diterima untuk diterbitkan.

 

 

Jurnal Psikologi Proyeksi terbit sejak tahun 2006 dengan nomor ISSN : 1907-8455. Terbit setahun dua kali tiap April dan Oktober. Redaksi mengundang para penulis untuk mengirimkan artikel hasil penelitian maupun pemikiran dibidang psikologi maupun bidang lain yang terkait. Redaksi berhak mengedit naskah sepanjang tidak mengubah subtansi tulisan.