You are here Staf Pendidik

Prosiding SemNas Psikologi 2011/Handayani

E-mail Print PDF

PERANAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK

Agustin Handayani

Fakulatas Psikologi Unissula Semarang

INTISARI

Manusia Indonesia menempati posisi sentral dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan nasional, sehingga diperlukan adanya pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara optimal. Pengembngan SDM dapat dilakukan melalui pendidikan mulai dari keluarga, hingga lingkungan sekolah dan masyarakat.

Kehidupan keluarga merupakan sekolah pertama kita untuk mempelajari tidak hanya pendidikan sekolah tetapi juga sejauh mana perkembangan karakter seorang anak. Salah satu SDM yang dimaksud adalah generasi muda (young generation) sebagai estafet pembaharu yang merupakan kader pembangunan yang sifatnya masih potensial, perlu dibina dan dikembangkan secara terarah dan berkelanjutan melalui lembaga pendidikan sekolah. Beberapa fungsi pentingnya pendidikan sekolah antara lain untuk : 1) perkembangan pribadi dan pembentukan kepribadian, 2) transmisi kultural, 3) integrasi sosial, 4) inovasi, dan 5) pra seleksi dan pra alokasi tenaga kerja.

Berdasarkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, jelas bahwa pendidikan disetiap jenjang harus diselenggarakan secara sistematis guna mancapai tujuan tersebut.  Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan pembentukan karakter seorang anak (peserta didik) sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat.

Pendidikan karakter disini adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia yang utama. Sehingga setiap anak di muka bumi ini diharapkan memiliki karakter yang baik tidak hanya dalam pendidikan sekolah tetapi juga pendidikan karakternya.

Kata Kunci : Pendidikan, Pendidikan Karakter

 

Full text :

1. Daftar Isi

2. Isi